You Are Reading

2

MarketGlory - Game Simulasi Strategi Bisnis Online - Trade Money To Make Money!

Unknown Minggu, 27 Januari 2013


Trade Money To Make Money! Istilah ini dikenal dalam dunia investasi, terutama dalam bisnis perdagangan valuta asing atau FOREX. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang maka anda harus memperdagangkan uang itu sendiri.

Dalam permainan atau game simulasi strategi bisnis online seperti MarketGlory dan sejenisnya - Trade Money To Make Money inilah yang seharusnya menjadi mindset para pemain. Sayang seribu sayang, sebagian besar pemain Indonesia yang ada game ini, belum mengerti benar tentang prinsip prinsip investasi, mereka lebih suka tetap membawa bawa tabiat dalam kehidupan dunia nyata ke dalam permainan ini.


Sebagian besar pemain pemain Indonesia lebih suka 'MENABUNG', menyimpan uang hasil kerja mereka, tidak BERANI memutar uang tersebut, tidak berani melakukan investasi dan lain sebagainya. Sungguh memprihatinkan? BAYANGKAN! Bahkan dalam sebuah permainan simulasi bisnis saja mereka tidak berani melakukan investasi - Hahaha. Pantas saja kalau disebut sebagai - orang yang tidak punya bakat kaya, tidak punya bakat menjadi pengusaha.

Kegiatan menabung uang yang dilakukan sebagian besar pemain Indonesia ini tentu ada alasannya, karena dalam game simulasi strategi bisnis online seperti MarketGlory uang tersebut bisa ditukarkan menjadi mata uang sesungguhnya. Yang ada di dalam pikiran sebagian besar pemain Indonesia itu, menabung sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, setelah cukup banyak nanti diuangkan untuk masuk ke rekening bank masing masing. Sah sah saja, tapi sebenarnya tabiat ini akan merugikan diri sendiri dan juga pemain lain. Loh koq bisa? Mari kita lihat penjelasannya: 



KREDIT MACET!

Game simulasi strategi bisnis online seperti Market Glory berusaha mengkondisikan perekonomian sebuah negara seperti halnya yang terjadi di dunia nyata. Perekonomian sebuah negara akan berjalan dengan baik jika mata uang negara tersebut (mata uang lokal) berputar di pasaran - ada proses jual dan beli, investasi dan sebagainya. 

Kegiatan menabung mata uang lokal (IDR) yang dilakukan oleh sebagian besar pemain Indonesia ini akan membuat pasar tidak memiliki cukup dana untuk menggerakkan roda perekonomian - pemerintah tidak bisa membayar bonus, perusahaan tidak bisa membayarkan gaji dan lain sebagainya - karena stock mata uang IDR ternyata menumpuk diam dalam masing masing akun pemain (ada pemain yang saking pelitnya menyimpan sampai 90 IDR - setara 9 batang emas di dalam akunnya)

Sebagai seorang Prime Minister MarketGlory Indonesia periode bulan September 2012 ini, penulis datang dalam kondisi negara yang BANGKRUT! - Tidak ada cadangan mata uang IDR, Emas dan EURO di kas negara - BANGKRUT PARAH! Perusahaan tidak bisa menukarkan cadangan gold yang mereka miliki ke dalam bentuk IDR karena ketidaktersediaan IDR di pasar lokal, akibatnya - gaji untuk para pekerja pun akan tersendat, Pemerintah tidak memiliki IDR untuk membayar bonus kepada warga karena memang telah tidak memiliki uang sama sekali - dan bisa ditebak sebagian pemain (warga Indonesia) yang tidak tahu diri pun langsung menuduh pemerintah tidak becus - heheheh .. padahal kondisi bangkrut ini toh karena ulah para warga sendiri yang terkenal PELIT itu.

Untungnya Prime Minister bulan ini (walau tidak dibayar) berani menghinakan dirinya (baca - MENGEMIS) untuk memohon kepada admin MarketGlory untuk menambah dana kas negara, sehingga perekonomian kembali bisa berjalan.


INVESTASI!

MarketGlory adalah sebuah game online. Di dalam game ini kita belajar untuk berbisnis, melakukan investasi dan lain lain. Ingat ini adalah sebuah game bertema mass multiplayer role play game (MMORPG), ini sebuah game di mana setiap pemain saling membutuhkan satu sama lain - setiap keputusan dan tindakan yang diambil seorang pemain akan memberikan efek kepada pemain pemain lain.

Hentikan Kegiatan Menabung Mata Uang Lokal (IDR). Jika telah memiliki IDR cukup untuk membeli 1 batang emas (10 IDR = 1 batang emas) maka segera lakukan investasi, tukarkan IDR tersebut menjadi emas. Hal ini perlu dilakukan agar IDR tetap bisa berputar di pasar lokal.

Jika jumlah emas telah cukup untuk membeli mata uang EURO (4 batang emas = 1 EURO) maka segera tukarkan emas emas tersebut ke dalam bentuk EURO, setelah ini terserah kepada pemain, apakah EURO tersebut tetap ditabung untuk kemudian ditukarkan menjadi mata uang sesungguhnya yang masuk ke dalam rekening bank atau paypal masing masing.

---

Ingat boss! Ini hanya sebuah game simulasi strategi bisnis online, maka bermain dan bertindak selayaknya seorang pelaku bisnis -- 



Source : http://mgo-sim.blogspot.com/
By : Palagan

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bos cara beli goldnya gimana sih ?? ke menu apa ? masih newbie soalnya

Unknown mengatakan...

Nice :)
Kunjungi Blog Saya Gan :
http://maingamedapatuang.blogspot.com/

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright 2013 MarketGlory